Preview

Sudah menjadi keharusan seorang Engineer selain bahasa perhitungan, bahasa gambar merupakan “bahasa wajib” yang harus dikuasai. Terlepas dari spesifikasi jurusan yang di dalami, gambar dan perhitungan akan selalu menyertai dalam setiap Aplikasi Teknik. Menggambar bagi “Antek” (Anak Teknik) adalah keharusan, saat ini memanfaatkan computer sudah merupakan hal yang lazim. Program yang biasa di gunakan dan memang yang paling memenuhi kriteria dalam hal gambar-menggambar teknik adalah AutoCAD, software ini memang cukup memenuhi kebutuhan dalam menggambar 2d dan 3d.

Saat ini setiap perusahaan yang mencari sarjana teknik selalu memasukkan syarat “Menguasai AutuCAD” sebagai salah satu pertimbangan dalam memilih karyawan.

Tapi tidak semua Antek kuliah untuk menjadi karyawan, banyak potensi yang dimiliki oleh seorang “Engineer” termasuk menciptakan / mendirikan usaha sendiri. Tetapi Bagi siapapun yang berencana untuk “mandiri” termasuk Antek sekalipun sebaiknya menyediakan “modal usaha”, modal tidak hanya berbentuk duit tapi penting juga untuk mempunyai kesiapan mental, pengalaman, fleksibelity dan respon yang baik dalam melihat celah peluang dan segala resiko yang akan dihadapi, jujur saja semua itu bukan karena sok tahu, ingin menggurui siapapun ataupun karena sudah sukses, tapi kurang lebih hal tersebut bisa membuat kita konsisten dan survive.

Ok..terlepas dari pengantar yang kelewat panjang J, saya ingin mengatakan pentingnya melepas ketergantungan pada program-program berbayar, apalagi jika kita masih dalam tahap pemula (newbie), melakukan efisiensi dengan memanfaatkan potensi dari software gratis yang banyak terdapat saat ini bisa menjadi referensi dalam menentukan alokasi modal usaha dengan tepat, apakah Anda setuju..?.


Tentang Google Sketchup

Sebagai samplenya di artikel ini saya khusus me-review aplikasi program gambar desain yaitu : google sketchup (http://sketchup.google.com/), bisa dijadikan pilihan alternatif, tentu tidak bisa dikatakan bahwa kemampuan google sketchup saat ini setara program berbayar seperti AutoCAD tetapi kemudahan untuk mempelajari dan penggunaan tools didalamnya sudah barang tentu menjadi nilai tambah terutama buat Antek yang berencana “berdikari”.

Dengan Google Sketchup kita bisa dengan mudah membuat model 2d dan 3d bangunan sederhana (rumah tinggal) dan model 3d yang anda inginkan (sesuai dengan kebutuhan dan Imajinasi kita).

Tampilan program ini pun terbilang sudah umum, mirip dengan program 3d pada umumnya, proses instalasi terbilang mudah dan cepat, sekedar saran sebelum melakukan instalasi sebaiknya non-aktifkan dulu program firewall Anda, dan aktifkan kembali setelah proses instalasi.

Saat pertama membuka program ini kesan yang saya peroleh cukup menggembirakan karena terlihat familiar, selain itu adanya fasilitas learning center yang muncul diawal kita membuka program ini membantu kita memahami cara menggunakan software ini penjelasannya cukup singkat dan disertai preview berupa gambar animasi.

Kemampuannya untuk mengimport file CAD, material dan beberapa kelebihan lain yang dimilikinya sudah tentu sangat menguntungkan melihat software ini masuk kategori gratisan/free. Termasuk tersedianya forum online untuk para pengguna program ini.

Kelebihan lain yang bisa dijadikan pertimbangan mengapa google Sketchup saya rekomendasikan adalah karena software ini masih milik google sudah tentu software ini terintegrasi dengan produk google yang lain sebagai contoh dengan google earth. Dengan google earth hasil desain rancang bangun ciptaan Anda bisa langsung terlihat kondisi realnya dengan menempatkan di lokasi yang kita inginkan selain itu kita bisa mendapatkan atau berbagi model 3d dengan relasi, teman dan sesama pengguna google sketchup lainnya dengan bantuan dari gadget google yang lain yaitu : google 3d Warehouse. Semua fasilitas tambahan ini bisa digunakan dengan menekan tombol yang telah tersedia di toolbar google sketchup.

Semoga Artikel bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung ke blog Studio 09.

Anda boleh memberi komentar, pendapat, tanggapan Anda dengan meng-klik KOMENTAR di akhir artikel ini .

Artikel Mengenai Freeware review untuk “Anak Teknik / Tukang Insinyur / Engineer”.


ESS : Freeware belajar Elektronika .

2 komentar:

Muhammad ezasean mengatakan...

saya mau tanya bagaimana cara melihat/menghitung harga dari material yang saya buat?

Oentoe_09 mengatakan...

silahkan coba baca contoh aplikasi perhitungan material di http://www.ilmusipil.com/cara-menghitung-koefisien-analisa-harga-satuan-bangunan/

Posting Komentar

Silahkan masukkan komentar Anda disini, asal bukan SPAM

Berlangganan

mau dapat artikel terbaru langsung ke emali Anda?, silahkan masukkan alamat email anda di kolom berikut:

Delivered by FeedBurner

My Friends

Entri Populer