Pertamaxxx

Saat ini sudah menjadi hal yang wajar jika seorang pemilik “diary online” bisa menghasilkan sekian dollar lewat blog mereka. Potensi blog sebagai diari online telah berkembang menjadi sebuah media yang tidak saja menelorkan tulisan-tulisan, curhat, ide dan opini tetapi berpotensi menjadi sebuah pekerjaan yang menjanjikan jika Kita mengetahui cara yang benar untuk memulai.



Pertanyaannya “apakah saya harus ikut?” Sudah tentu jawabnya ada di diri kita masing-masing sebagai pemilik blog. Toh tidak ada salahnya jika tulisan-tulisan yang kita posting selain bermanfaat untuk orang lain juga dapat mendatangkan “benefit” untuk si penulis...apalagi jika tulisan kita bisa membantu dalam memaksimalkan penghasilan bukan hanya kita tetapi orang lain yang mengetahuinya dari blog kita. Berbuat sesuatu yang disukai (ex : penulis blog), sekaligus menghasilkan duit sudah tentu dua hal yang menyenangkan..apakah Anda setuju?

Persiapan Blog

Sebelum mengikuti/bergabung pada sebuah program me-monetisasikan sebaiknya persiapkan dulu blog Anda agar program yang diikuti bisa berfungsi optimal, adapun hal-hal yang mesti dipersiapkan antara lain adalah :

  1. Tema blog, ini penting terutama saat melakukan register, keyword dan deskripsi saat mengisi formulir otomatis harus sesuai tema blog, misalnya tentang tutorial program photo editing sebaiknya keywordnya adalah adobe dsb.
  2. Popularitas, singkatnya blog kita tidak harus sangat terkenal atau memiliki traffic yang tinggi tapi sebaiknya mempromosikan blog sebelum dan setelah di monetisasi adalah wajib dilakukan. Karena pendapatan diperoleh murni dari pengunjung yang datang ke blog bukan dari hasil klik Anda sendiri.
  3. Konsisten, maksudnya tujuan awal nge-blog adalah “share something with writing” karena itu lebih baik dan jauh lebih baik dibandingkan jika membuat blog karena untuk mendatangkan keuntungan. Pengunjung adalah Raja, berikan segalanya untuk mereka karena jika tidak mereka akan pergi dengan segera dan tidak mau balik lagi.
  4. Gabung pada Sebuah Komunitas blog, selain bisa mendapatkan teman, cara ini bisa mendatangkan dampak positif pada blog kita yaitu peningkatan traffic pada blog salah satunya.

Berikut ini adalah program yang bisa dijadikan pilihan untuk blog.

Program dari Luar Negeri

Jika baru dalam dunia ini jangan khawatir karena saya juga dulu begitu (sekarang pun masih menganggap diri sbg pemula). Beberapa program yang masuk dalam tulisan ini adalah yang memiliki syarat sebagai berikut :

  • Terbukti, maksudnya adalah membayar dan diakui oleh pengguna lain yang sudah sukses memperoleh penghasilan, tentunya hingga saat ini.
  • Metode penarikan, walaupun metode membayar via cheque (cek) bukan lagi yang terbaik tetapi masih merupakan yang teraman dalam arti cek akan dikirim ke alamat kita dan kita sendiri yang mencairkannya di bank. But jika sudah punya akun paypal lebih baik lagi. Anda bisa membuat akun di paypal melalui link referral saya disini (gratis).
  • Tidak neko-neko, kebanyakan program-progam yang sudah hebat seperti google Adsense terlalu banyak mengatur disana-dan disini. Jika anda termasuk orang yang tidak terlalu senang dengan banyak aturan boleh menomor-duakan AdSense tapi jika membutuhkan layanan yang diakui oleh seluruh dunia mungkin Google AdSense pilihan yang tepat.


Berikut ini adalah program-program yang bisa anda ikuti :



- AdBrite Market place : selain AdSense program ini bisa Anda ikuti. Dengan join dan memasang kode html Adbrite di blog. Selain Text, Banner dan Fullpage kita juga bisa me-monetize-kan koleksi foto-foto dan video yang kita miliki dengan bergabung di Britepic. Artikel di blog ini mengenai AdBrite bisa anda baca disini untuk menjadi advertiser dan disini untuk menjadi publisher. Secara umum AdSense, Adbrite dan Bidvertiser memiliki kesamaan dalam tipe iklan yang ditayangkan.

- Amazone Affiliate, jika senang melakukan review tentang sebuah produk baik mis : buku, computer ataupun gadget, Amozone affiliate mungkin cocok, diprogram ini kita bisa menghubungkan artikel kita pada iklan yang muncul. Contoh iklan Amazone bisa Anda lihat pada Bar di samping dan dibawah.

- Selain pasang iklan, program paid review juga bisa jadi pilihan me-monetize-kan blog kita, caranya dengan membuat review berdasarkan permintaan pihak pengiklan, yang di review bisa apa saja baik itu sebuah produk fisik, web, situs dll. Jika tertarik mencoba program ini bisa bergabung di program paid review yang saya ikuti (gabung sebagai referral saya), yaitu di SponsoredReview .



Program Dalam Negeri.

Saat ini yang saya ketahui program-program pasang iklan (ads publisher) buatan anak negeri sebagai berikut, mudah2an bisa bertambah (tolong disampaikan ya ). Kelebihan dari produk dalam negeri sudah tentu mengenai penggunaan bahasa di program dalam negeri ini kita bisa menggunakan bahasa indonesia sebebas-bebasnya bahkan ada yang membolehkan blog berisi bahasa daerah, luar biasa bukan???

Kumpul Blogger, program pasang iklan milik mas kukuktw ini bisa anda coba, saya termasuk membernya. Cara pasang iklannya terbilang mudah dan dengan dukungan/support lewat mailinglist kita bisa berkomunikasi kapan saja. Jika tertarik untuk bergabung klik disini (ref.). Dan program sejenis lainnya adalah :

  • Klik saya (kliksaya.com)
  • Affiliate Indonesia (affiliateindonesia.com) dan
  • virtual Vending (v-vending.com).

Semoga artikel ini bermanfaat dan terimasih Atas kunjungannya J.

Artikel di blog ini tentang “Program Monetize”:

About AdBrite 01 : Cara beriklan (Advertising) .

About AdBrite 02 : Cara Pasang Iklan (Publisher) .

2 komentar:

maininternet mengatakan...

saya udah jadi pengikut blog sobat tuh, ditunggu follow backnya

Oentoe_09 mengatakan...

siiip makasih and langsung ke tkp :)

Posting Komentar

Silahkan masukkan komentar Anda disini, asal bukan SPAM

Berlangganan

mau dapat artikel terbaru langsung ke emali Anda?, silahkan masukkan alamat email anda di kolom berikut:

Delivered by FeedBurner

My Friends

Entri Populer