Entah bagaimana pendapat anda dengan judul diatas, yang bisa penulis bayangkan adalah pertanyaan yang ada di kepala anda seperti “parkour itu apa?”, “sejenis makan or apa ya…???”(he..he just kidding), pertanyaan sejenis yang kurang lebih sempat hinggap di kepala ini saat mendengar untuk yang pertama kalinya. Ok..sebelum terlalu jauh ngelantur gak jelas maka sebaiknya baca dengan cermat (tapi santai & rileks dikitlah) agar informasi berikut bisa memberi pengetahuan singkat mengenai “parkour” itu sendiri.

Sekilas mengenai olahraga “Parkour”

Parkour berasal dari bahasa perancis “parcours du combatant” yang berarti pelatihan halang rintang untuk sesi militer. Parkour sendiri merupakan cabang olah raga yang baru masuk di Indonesia, siapa yang membawanya ke Indonesia penulis sendiri belum menemukan informasi yang akurat mengenai kapan olah raga ini masuk ke Indonesia.


Sedikit bercerita mengenai asal usul olah-raga ini,
Parkour diperkenalkan oleh seorang Pria warga Negara Perancis bernama David Belle (lihat gambar) yang terinspirasi ayahnya, seorang tentara perancis yang juga merupakan anggota pemadam kebakaran militer bernama Raymond Belle. Sejak kecil David kecil telah terbiasa dilatih oleh sang Ayah dengan latihan halang-rintang dengan metode natural yang merupakan cikal bakal lahirnya olahraga Parkour. Seiring waktu David Belle tumbuh menjadi seorang pribadi yang memiliki kecintaan yang mendalam terhadap olahraga ini di usianya yang masih muda (16 tahun) David Belle memutuskan untuk meninggalkan bangku sekolah untuk mengembangkan olahraga ini dan keputusannya ini tidak percuma dengan berhasilnya dia memperkenalkan parkour ke seluruh dunia termasuk Indonesia.

Filosofi Parkour
Berdasarkan informasi yang penulis sadur dari
website komunitas parkour indonesia, definisi “parkour adalah seni berpindah tempat melewati beberapa obstacle dari point A menuju point B. Seni ini adalah cara baru untuk menguasai lingkungan atau melewati segala macam bentuk obstacles yang ada di sekitar kita hanya dengan mengandalkan kekuatan tubuh manusia seutuhnya”.
Kalo masih belum jelas lagi akan olahraga parkour ini, ada baiknya anda melihat contoh seperti apa output olah raga ini adalah dengan melihat aksi “luarbiasa” di beberapa adegan film-film action luar negeri yang masuk box-office. Antara lain ;

Yamakasi” tahun 2001, sayang kalo belum pernah nonton film ini. Dalam film ini dari awal sampe akhir penuh dengan aksi-aksi parkour, saya saja baru tahu ternyata aksi lompat, memanjat (ditempat dan cara yang tidak biasa itu) merupakan olahraga yang disebut Parkour.

“Police Story 1-4”. Masih ingat dengan film yang dibintangi Jacky Chan, dimana disalah satu adegan film tersebut Jacky Chan tanpa bantuan alat apapun melompat dari atap gedung ke gedung lain yang jaraknya cukup jauh tanpa stuntman (pemeran pengganti), dan itu benar-benar dilakukan tanpa bantuan alat bantu apapun alias murni “tenaga” dan “keberanian” dari si pemeran (Jacky Chan). Atau

Pada film James Bond yang terakhir (Casino Royal, 2006), dimana pada adegan awal Agen 007 (Daniel Craig) mengejar seorang perakit bom berkulit hitam yang sangat ahli meloloskan diri, dimana dengan lincah dan gesitnya pria yang dikejar tersebut melompat, memanjat diantara besi konstruksi pada sebuah gedung bertingkat yang sedang dalam proses pengerjaan dan yang cukup berkesan diingatan saya adalah ketika meniti tiang-tiang Crank di ketinggian yang cukup jauh dari tanah kemudian melompat ke bangunan di bawahnya, luar biasa Man..!!!

Masih banyak lagi film-film yang menampilkan contoh olahraga parkour ini misalnya “Live Free or Die Hard (Die Hard 4.0, 2007) yang dibintangi oleh Bruce Willis sebagai Jhon McClaine, dan satu lagi film yang kaya aksi olahraga parkour di tahun ini yaitu Wanted yang diperankan oleh; James McAvoy, Angelina Jolie dan Morgan Freeman.
Back to laptop… jika melihat aksi di film-film yang penulis sebutkan diatas mungkin anda akan mengatakan bahwa saya terlalu mendramatisir. But it’s okay coz semua saya kembalikan ke Anda, tetapi jika Anda mengunjungi situs komunitas parkour Indonesia di situs tersebut akan dijelaskan secara gamblang mulai dari asal muasal olahraga parkour, terminology, filosofi dan nilai moral dalam Parkour, nilai-nilai kehidupan yang terdapat dalam parkour, jadwal event dan latihan di beberapa kota besar di Indonesia (termasuk di kampus Unhas, Makassar) dan masih banyak lagi, untuk lebih jelasnya silahkan klik ke website komunitas parkour Indonesia atau untuk bergabung di forum komunitas parkour indonesia, atau bisa juga kunjungi wikipedia sebagai alternative sumber informasi tambahan mengenai olahraga ini.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya di Blog ini. Jika ada saran dan kritik silahkan masukkan pada kolom komentar di akhir artikel ini.

Best Regards,


Oentoe_09

Gambar diambil di en.wikipedia.org.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan masukkan komentar Anda disini, asal bukan SPAM

Berlangganan

mau dapat artikel terbaru langsung ke emali Anda?, silahkan masukkan alamat email anda di kolom berikut:

Delivered by FeedBurner

My Friends

Entri Populer