Saat ini Bisnis online sudah bukan merupakan “hal baru” bagi siapapun yang terbiasa dengan dunia internet, banyak Web maupun blog yang menyediakan jasa bagi para pengunjung situs mereka untukberbelanja (bertransaksi) melalui situs mereka tersebut, tetapi saat ini masih sedikit situs yang menjelaskan ke pembeli mereka menggunakan bahasa Indonesia padahal menurutsitus WorldStat.com pengguna jasa Internet di Indonesia sudah mencapai 20 juta, sebuah angka yang luar biasa dan bisa menjadi referensi individu maupun perusahaan yang tertarik berbisnis ini dan tentunya pengguna internet Indonesia sebagai target pasar mereka. Memang saat ini sudah banyak pengguna Internet Indonesia yang sudah “melek” akan peluang tersebut dan diantara mereka bahkan sudah menikmati hasil dari berbisnis melalui Internet dan hebatnya mereka bisa melakukan ini dengan mengadaptasi metode perusahaan luar negeri menjadi lebih Indonesia…lebih pribumi, sebut saja diantaranya :


  • Program Ala AdSense, AdBrite, Bidvertiser (PayPerClick/PPC) versi Indonesia seperti di KumpulBlogger.com(ref), KlikSaya.com, AdSenseCamp(ref).
  • Program Review berbayar (Paid Review) versi Indonesia seperti di ReviewMu.com.

Kedua jenis bisnis Online yang bisa dimanfaatkan lewat Web/Blog tersebut diatasdulunya hanya bisa kita temukan, dimiliki dan dikembangkanoleh Individu maupun Perusahaan dari luar negeri saja dengan target tentu tidak hanya dari asal negara perusahaan tersebut tetapi hampir seluruh pengguna Internet di dunia dan negara kita adalah salah satunya. Melihat fenomena ini tentu kita agak sedikit bertanya dalam hati karena apakah kesuksesan mengikuti tawaran bisnis dari luar itu membawa benefit pada setiap netter/blogger yang mengikutinya…??? Setidaknya menurut Penulis orang Indonesia yang berpartisipasi dalam bisnis tersebut tidak hanya paham betul dengan dunia internet tetapi juga mesti “mampu” berbahasa Internasional dengan baik setidaknya paham dengan modal membacanya saja, ditambah kemampuan-kemampuan lain tentunya. Dan banyak blogger Indonesia termasuk Penulis di blog ini, Oentoe09 Home maupun di Bareng ngeblog sedikit banyak membahas dan memasang produk dari bisnis Online luar-negeri (silahkan telusuri sendiri).

eStore Amazone versi Pribumi ditunggu..!!!

Membaca judul kecil diatas mungkin Anda akan setuju bahwa saat ini belum ada satupun yang melirik peluang dari bisnis tersebut
(AmaZone), jawaban pastinya saya tidak tahu tetapi mungkin “ bisa menjadi saran bagi para Ahli Bisnis-Online bahwa dengan melihat banyaknya pengguna Internet Indonesia saat ini (kurang-lebih 20juta orang) untuk tidak hanya membuat Program Afiliasi yang berbasis PPC dan Paid-Review namun juga online Store kayak Amazone or Ebay yang mengkhususkan menjual produk tidak hanya dari luar negeri tetapi juga produk dalam negeri seperti : hasil bumi, kerajinan tangan, karya seni, barang antik, buku, e-book, software karya programmer lokal dsb, lengkap dengan tawaran kerjasama untuk berpartisipasi sebagai publisher dan advertiser tentunya”.

Jika anda membaca tulisan ini dan bertanya mengapa memberikan saran seperti ini dan bukannya membuat sendiri setidaknya mempersiapkannya, jawabannya jelas yaitu tidak lain karena ketidak-mampuan saya untuk membuat program Affiliate seperti Amazone maupun Ebay.

Harapan Penulis semoga ada seorang Pribumi diluar sana yang bisa mem-FollowUp gagasan ini. Jujur saja ada beberapa online-store asli punya pribumi yang saya pernah kunjungi tetapi belum bisa dikatakan memiliki metode universal dan selengkap Amazone.com, setidaknya dengan adanya program sejenis (Indonesia Version) perkiraan saya akan semakin membangkitkan kreativitas dan meningkatkan persaingan Perusahaan sejenis dari luar negeri, dan kemungkinan langkah yang mereka ambil adalah dengan meng-adaptasi penggunaan bahasa Indonesia sebagai salah satu bahasa alternatif yang diterima guna menghindari hilangnya 20 juta user dari Indonesia (itu bukan jumlah yang sedikit loh…!?), tetapimenurut saya itu bukan masalah karena yang paling tahu bagaimana pasar Indonesia adalah Bangsa Indonesia sendiri (tidak menutup kemungkinan bangsa serumpun kita juga ikut atau malah mencuri start lagi), kita tidak selamanya didikte oleh negara lain karena itu sama artinya kita belum merdeka, padahal 17 Agustus 2008 negara kita tercinta ini genap berusia 63 Tahun dan itu bukan umur yang muda untuk sebuah negara yang telah merdeka.

Penulis juga sadar membuat Bisnis-Online versi Pribumi yang sejenis dan sebesar Amazone bukan semudah membalikkan telapak tangan dibutuhkan usaha besar dan niat yang kuat, tetapi kembali ke purpose kita yaitu : “ke, dari dan untuk User Internet Indonesia” tentu jawabnya ”mengapa tidak???”.

Sebagai ucapan penutup pada Artikel ini saya ingin mengucapkan terimakasih atas waktu anda untuk berkunjung dan membaca artikel di blog ini dan semoga saja artikel ini bisa menjadi INSPIRASI bagi siapa saja yang membacanya…terutama seseorang atau kelompok yang punya minat dan kemampuan untuk mewujudkan hal tersebut, saya 100% mendukung dan mendoakan semoga SUKSES...!!! AMIN.

Best Regards,

Oentoe_09

Silahkan masukkan komentar di artikel ini baik dalam bentuk saran,kritik dan sekedar blog-walking juga tidak apa-apa (asal bukan SPAM)

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan masukkan komentar Anda disini, asal bukan SPAM

Berlangganan

mau dapat artikel terbaru langsung ke emali Anda?, silahkan masukkan alamat email anda di kolom berikut:

Delivered by FeedBurner

My Friends

Entri Populer