Judul diatas tidak cukup menjelaskan betapa aplikasi ini benar-benar sangat powerful bukan karena penulis mendapatkan “fee” dengan menuliskan review ini tapi lebih kepada menyampaikan manfaat dari aplikasi gratis ini (selain 100%penulis tidak mendapatkan imbalan dalam penulisan review ini, juga karena saya penggemar freeware).

Jujur saja aplikasi ini tidak saya tes secara menyeluruh toh nanti jika ingin mencobanya bisa mendownloadnya dan penulis yakin setelah mencoba kemampuan dari aplikasi ini Anda akan merasakan hal yang sama. Dan sebelum mencobanya ada baiknya membaca sedikit tentang aplikasi ini sudah barang tentu berdasarkan hasil uji coba independent, sekedar saran sebelum melanjutkan mohon bacalah dengan perlahan dan santai….
Nama aplikasi ini lumayan panjang namun cukup menjelaskan manfaat pembuatannya, Aplikasi ini diberi namaElectronics and Menchanical Engineering Versi 10, dibuat dan dipublikasikan oleh eptsoft limited-Glebe House- School Lane-East Keal, di Lincolnshire.UK bulan maret 2008, websitenya beralamatkan di www.epsoft.com, Aplikasi berjalan baik di windows XP.
Electronics and Mechanical Engineering Versi 10 ini berisi puluhan database formula (rumus), grafik yang semua nilai-nilai parameter-parameter tersebut bisa diubah nilainya sesuai kebutuhan dan dilengkapi penjelasannya beserta ilustrasi animasi sederhana yang cukup membantu memahami kasus yang sedang kita alami, bidang-bidang tersebut antara lain :
  • Electronics
  • PIC Microcontroller
  • Mechanics
  • Computing
  • Digital
  • Microprocessor
  • Mathemathics dan yang terakhir…
  • Self Assesment Questions.
Dan disetiap bidang tersebut diatas masih memiliki puluhan sub-materi yang didalamnya masih terdapat lagi pembagian yang lebih spesifik.
Tampilan aplikasi ini sederhana kesan pertama mirip aplikasi WordPad dibagian menu atas terdapat5 pilihan yaitu : Editors and Programing, Toolbox, Content, Window dan Search (lihat screenshot dibawah). electrical software

Jika kita meng-klik salah satu menu ini akan terbuka dalam sebuah jendela kecil, saat pertama mencobanya navigasi aplikasi ini sedikit membingungkan namun tidak butuh waktu terlalu lama untuk memahami system navigasinya.
Dan yang paling Penulis sangat salut adalah database yang cukup lengkap yang dimiliki oleh aplikasi ini sebagai contoh saya membuka salah satu bidang Engineer yaitu dengan memilih : Menu >> Content , yang akan memunculkan sebuah jendela berisi 8 kategori seperti telah disebutkan diatas dan kemudian saya pilih Mechanics >> Machines >> Single Pulley Block and Tackle dan hasilnya akan muncul jendela baru berisi gambar ilustrasi dari topik yang telah dipilih lengkap dengan arah-arah gaya, parameter dan formula/rumus, untuk lebih jelas bisa anda lihat secreenshot di bawah ini.

Jika ingin mengetahui catatan singkat ataupun perhitungan lengkap dari topik yang dilihat caranya cukup mudah yaitu dengan meng-klik menu yang muncul tepat dibawah menu utama dan dibagian yang sama terdapat pilihan untuk memperbesar atau memperkecil tampilan gambar (tombol - dan +), print dan men-copy. Cara yang sama juga berlaku untuk semua bidang yang terdapat didalam aplikasi gratis ini, dan penjelasan singkat diatas tidak menjelaskan keseluruhan manfaat yang terdapat pada aplikasi ini tetapi penulis berharap bisa menjadi referensi tambahan.
Semoga bermanfaat dan terima-kasih atas kunjungannya.
:$ :$ :$

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan masukkan komentar Anda disini, asal bukan SPAM

Berlangganan

mau dapat artikel terbaru langsung ke emali Anda?, silahkan masukkan alamat email anda di kolom berikut:

Delivered by FeedBurner

My Friends

Entri Populer