Resume dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai ikhtisar atau ringkasan, resume di kenal juga dengan sebutan CV (curriculum vitae - dari bahasa latin yang bermakna kisah hidup (life story)). Jika anda sedang berniat melamar kerja sangat penting untuk memahami bagaimana "menjual diri" anda dengan sebaik mungkin.


Setiap negara memiliki berbagai persyaratan dan gaya penulisan resume, oleh karenanya perlu mengetahui bagaimana membuat CV yang sesuai dengan kultur dan negara dimana anda berniat melamar pekerjaan

Definisi Resume
Resume adalah dokumen promosi mengenai diri anda, hal-hal terbaik yang anda miliki dengan tujuan agar anda mendapat panggilan wawancara. Isi resume bukanlah sesuatu yang berisi tentang aplikasi yang anda kuasai, dokumen personalia pegawai, dan tentunya bukan tentang pengakuan dosa.

Apa yang sebaiknya harus ada dalam Resume?
Tentu isi resume bukan hanya mengenai pengalaman anda pada pekerjaan sebelumnya, tetapi lebih mengenai ANDA, bagaimana performa anda nanti dan apa kelebihan anda pada pekerjaan anda sebelumnya, sudah tentu sesuatu yang pastinya paling relevan dengan pekerjaan yang diincar saat ini. Resume yang baik berisi bagaimana cara anda menyikapi, langkah-langkah yang akan anda ingin lakukan pada pekerjaan yang anda incar nantinya.

Cara meningkatkan hasil Resume Anda?
Hilangkan segala sesuatu yang termasuk dan dimulai dengan sebuah tanggung jawab kemudian ganti dengan bagaimana cara "pintar" anda dalam menyelesaikan pekerjaan anda.

Kesalahan yang biasa dilakukan oleh Para Pencari Kerja!
Para pencari kerja biasanya melupakan Objektivitas mereka, tunjukkan insting TUJUAN anda karena cara ini akan menarik perhatian para pemilik usaha. Berikan target yang jelas, tetapi bukan merupakan batasan dari anda untuk lebih baik lagi.

Langkah awal menulis Resume
Putuskan sasaran/target pekerjaan , dimulai dengan 5 atau 6 kata. Apapun yang diluar dari hal itu kemungkinan besar akan membuat kesalahan dalam pembacaan dan mengindikasikan kekurangan dari kejelasan dan arah sasaran anda.

Kronoligis Resume
Urutan format Resume biasanya ditentukan oleh Perusahaan, dan pastikan anda mengikutinya. Jika anda mengubah isian jawaban pastikan hanya menggunakan format fungsional, pastikan format mengenai SKILL-ORIENTED / KEMAMPUAN YANG DIMILIKI bisa menunjukkan kelebihan yang anda miliki, dan tidak lupa untuk menujukkan kronologis riwayat pekerjaan anda dengan jelas.

Bagaimana jika Anda tidak mempunyai pengalaman sebelumnya
?
Usahakan anda memiliki pengalaman, setidaknya cari perusahaan yang sesuai yang tentunya mengijinkan anda untuk menjadi sukarelawan (bisa berupa pelatihan, kursus, dsb). Anda hanya membutuhkan laporan singkat, periode/ waktu yang anda habiskan dalam mengikuti pelatihan sebagai sukarelawan (sehari, seminggu atau sebulan) agar anda dianggap memiliki pengalaman bekerja dan tentunya menjadi bahan dalam mengisi Resume anda. Coba untuk mengingat pekerjaan yang pernah anda kerjakan sebelumnya dilengkapi dengan dokumen pendukung tentunya (sertifikat, dll).

Semoga artikel mengenai Bagaimana Menulis RESUME yang baik memberi manfaat, Semoga berhasil..!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan masukkan komentar Anda disini, asal bukan SPAM

Berlangganan

mau dapat artikel terbaru langsung ke emali Anda?, silahkan masukkan alamat email anda di kolom berikut:

Delivered by FeedBurner

My Friends

Entri Populer