Menjadi Penulis Berbayar SponsoredReviews

Seperti namanya paid-review berarti “peninjauan ulang yang berbayar”, Program ini sangat cocok buat pemilik blog kategori penulis aktif khusus dalam bahasa Inggris yang “baik & benar” tentunya, kebanyakan dari penyedia layanan ini mengisyarakatan blog yang akan bergabung setidaknya mem-posting 2 artikel per minggu dan setidaknya berumur lebih dari 3 bulan.

Syarat-syarat diatas umum kita jumpai saat akan bergabung dengan program paid review, jika anda termasuk atau mampu melaksanakan ketentuan diatas tidak ada salahnya mengikuti program ini.

Keuntungan dari mengikuti program review yang dibayar adalah kita akan mendapatkan gaji sesuai dengan posting artikel yang dibuat, waktu pembayaran yang tidak lama (setiap minggu) tentu merupakan hal yang patut dipertimbangkan apalagi jika selama ini penghasilan dari iklan yang terpajang di blog Anda tidak terlalu “menguntungkan”, itung-itung alternative menambah pemasukan dari program monetize nge-blog.

Jika tertarik mengikuti program paid review ini Anda bisa bergabung dengan salah satu penyedia layanan paid review yaitu SponsoredReviews (referral).

Sebelum bergabung sebaiknya kita “kenali” dulu tentang paid review (versi sponsored Review).

Apa itu SponsoredReviews?

SponsoredReviews’ advertiser (selanjutnya disingkat : SRA) adalah sebuah artikel yang ditulis oleh Kita (blogger) mengenai sebuah produk. Produk yang dimaksud adalah “apapun” yang bisa di review seperti ; website, layanan, atau berupa produk fisik.

SRA membayar Kita atas waktu yang digunakan untuk mempelajari produk dan layanan mereka, menuliskan artikel lalu posting ke Blog. Dengan cara seperti ini Advertiser berharap dapat meningkatkan penjualan dengan memperkenalkan produk mereka kepada Audiens kita. Mereka juga berharap Kita akan membuat link ke Situs mereka. Penting untuk diperhatikan : Kita harus mengetahui prioritas Advertiser sebelum membuat review. karena jika tidak bisa saja SponsoredReviews akan menolak/me-reject artikel yang tidak sesuai dengan permintaan mereka.

Cara Memulai Menjadi Penulis di SponsoredReviews:

Pertama, Add Your Blog :

Hal pertama yang mesti dilakukan adalah memasukkan blog miliki kita ke dalam database SponsoredReviews (SR). caranya dengan menuju tab “Manage Blog” kemudian klik “Add New Blog”. Setelah itu pada “Bloggers’ Policy” Kita akan diwajibkan setuju sebagai blogger di Sistem SR. Kita juga tidak diperbolehkan melakukan penawaran atau menjual review kita hingga blog yang kita daftarkan di-approve.

Kedua, Add Blog Screen :

Sekali kita memasukkan URL blog kita pada “Blog URL”, system SR akan mengumpulkan statistik blog Kita. Kemudian kita akan diarahkan pada halaman yang meminta informasi tertentu menyangkut blog Kita. Berikut ini adalah beberapa kunci isian beserta informasi penting yang patut diketahui mengenai isian tersebut :

  • Harga yang diinginkan (Desired Price); ini adalah isian harga yang kita pasang. Harga inilah yang akan dilihat oleh para Advertiser saat browsing di direktori blog Kita. Karena tidak ada proses negosiasi antara Kita dan Advertiser maka sebaiknya kita memasang harga yang masuk akal. Hal ini sangat penting karena itu sebaiknya Kita melihat dulu pada suggested pricing. Jika blog kita memasang harga yang terlalu tinggi maka SR akan menolaknya (Hasil perbandingan kualitas dan statistik dari blog yang sejenis).
  • Kategori Blog (Blog Category); ini adalah category utama blog Kita, kita hanya diperbolehkan memilih satu category, tapi jangan khawatir karena jika blog milik kita memiliki kategori lebih dari satu kategori tambahan bisa kita masukkan di kotak isian tag/keyword.
  • Penjelasan Singkat(Describtion); pada bagian ini kita bisa memanfaatkannya sebagai tempat untuk “menjual” blog kita kepada advertiser. Jelaskan berapa banyak pengunjung yang kita miliki dan pamerkan beberapa contoh hasil posting terbaik dari blog Kita.
  • Blog Tags/Keyword ; sama dengan diatas, SR menggunakan tag sebagai system dasar pembuatan kategori. Disarankan menggunakan kata kunci/keyword yang menjelaskan kategori dari content yang kita tulis.

Ketiga, Cari dan Tawarkan Peluang :

Setelah di-approve oleh SR Kita bisa memulai melakukan penawaran. Sebagai catatan : Kita jangan terburu-buru dalam melakukan penawaran karena para Pengiklan/Advertiser akan melakukan survey langsung ke direktori blog kita dan kemudian akan membeli/purchased review langsung dengan Anda. Dengan begitu dapat dikatakan Kita bisa menerima penghasilan sesegera mungkin jika kita pro-aktif dalam mencari dan menawarkan peluang kepada para Pengiklan. Pertama-tama dianjurkan untuk memberi penawaran peluang yang relevant dengan isi blog Kita. Sebab sebagai pengiklan mereka selalu menerima penawaran yang berasal dari web/Blog yang relevan dengan mereka. Jika penawaran Anda sedikit dibawah harga standar “umum” tentu penwaran Kita akan mendapat kesan lebih. Dalam Sistem SR akan menunjukkan perbedaan harga tawaran Anda dengan tawaran dari orang lain.

Setelah Kita mendapat kesempatan untuk menulis Review, klik pada “opportunity name” untuk melakukan penawaran. Dalam “screen opportunity” dibagian kiri terdapat kotak yang bisa kita isi. Kita bisa melakukan peluang penawaran jika kita menawarkan harga minimal yang sesuai dengan harga yang mereka (Advertiser) tawarkan. Sekedar tambahan : kita tidak bisa meminta harga lebih tinggi dari harga yang telah kita atur sebelumnya.

Sekali kita membuat penawaran, berikut adalah

  1. Jika Advertiser menerima penawaran, mereka akan memberitahukan terlebih dahulu dengan waktu untuk menyelesaikan selama 7 hari.
  2. Jika Advertiser membuat counter-offer, mereka akan memberitahukan terlebih dahulu, Kita tidak punya pilihan untuk menerima, menolak, atau membuat counter-offer yang lain.
  3. Jika Advertiser menolak penawaran, mereka akan memberitahukan terlebih dahulu dan semua penawaran akan terhenti.

Penting untuk diketahui : jika Advertiser menolak penawaran awal ataupun counter-offer. Kita tidak lagi memiliki ketersediaan untuk membuat penawaran.

Beberapa Advertiser membutuhkan waktu untuk meng-approve atau bahkan me-reject penawaran dari kita. Hal ini disebabkan karena karena mereka menerima ribuan penawaran dari


Blogger. Jadi pastikan Bid (Penawaran) kita cukup menonjol. Peluang Kita akan semakin besar jika kita mempunyai tema blog yang terkait.

Jika dalam beberapa minggu penawaran kita ditolak oleh sebuah Advertiser maka RS akan membersihkan tawaran tersebut dari Sistem RS.

Keempat, Saat Advertiser membeli Review secara langsung.

Advertiser akan selalu mencari dan membeli Review dari para Blogger langsung di blog direktori SR.

Jika Advertiser membeli Review kita secara langsung, maka ada pemberitahuan lewat email dan dalam halaman homepage control panel SR Kita akan terpampang keterangan “Awaiting Your Acceptance”.

Kelima, Meluncurkan Review yang telah selesai.

Setelah menyelesaikan Review Kita kemudian telah melakukan double-checked pekerjaan kita, yang Kita butuhkan selanjutnya adalah memasukkan URL ke RS untuk menyelesaikan order Kita. Caranya pada halaman Homepage SR klik opportunity.

Keenam, memperoleh Pembayaran.

SponsoredReviews (SR) melakukan pembayaran pada setiap Reviewer setiap dua minggu sekali. Pembayaran akan ditransfer ke alamat Paypal Anda. Saat ini SR hanya melakukan pembayaran via paypal. Jika Anda belum mempunyai akun paypal segeralah buat akun paypal Anda disini (ref.).


Semoga artikel ini mendatangkan manfaat Terimakasih atas kunjungan Anda.

Artikel mengenai monetisasi-kan Blog :

About AdBrite 01 : Cara beriklan (Advertising) . About AdBrite 02 : Cara Pasang Iklan (Publisher) .


0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan masukkan komentar Anda disini, asal bukan SPAM

Berlangganan

mau dapat artikel terbaru langsung ke emali Anda?, silahkan masukkan alamat email anda di kolom berikut:

Delivered by FeedBurner

My Friends

Entri Populer